Skip to content

tutorial instalasa windows

Desember 14, 2011

TUTORIAL INSTALASI WINDOWS PADA SEBUAK KOMPUTER

Tips Komputer kali ini tidak disarankan untuk pengguna PC atau laptop pribadi, maksudnya cara install windows dibawah ini sebaiknya tidak digunakan untuk komputer yang digunakan sendiri, karena seringkali banyak hasil file yang dimasukkan corrupt.
Teknik dibawah biasanya digunakan untuk menghemat waktu bagi penjual komputer, biasanya adalah komputer second rakitan, nah lo, sudah second hasil rakitan lagi, biasanya komputer ginian memang hasil dari mengumpulkan komponen-komponen komputer rusak yang masih bisa bekerja, kemudian digabungkan dan jadilah komputer lain yang bisa berfungsi.
Harganya bisa murah tentu saja dan karena murah maka penjualnya akan malas melakukan install windows secara biasa, maunya cepat dan bisa bekerja. Cara install windows cepat ini sering disebut dengan ghost-ghost-an karena memang biasanya menggunakan Norton Ghost dari symantec. Intinya kita melakukan kloning pada partisi hardisk dimana sistem operasi diinstall di sebuah komputer. kalau ada komputer baru, hasil kloningnya ini yang dicopy ke hardisknya. Jadi bukan instalasi windows standar.
OK mari kita mulai cara install windows cepat.
Dengan melakukan kloning terhadap harddisk, kita tidak perlu melalui proses instalasi yang panjang. Kita hanya perlu menyalin dari hasil kloning (dari instalasi komputer lain) dan PC pun bersistem operasi lagi. Supaya hasil kloning berupa sistem operasi yang masih segar, lakukan kloning sesaat setelah Anda selesai meng-install sistem operasi dan berbagai driver. Program-program lain sebaiknya belum di-install. Jika ingin istalasinya lebih umum, maka driver tidak perlu diinstall dulu, agar bisa cocok untuk semua jenis perangkat dan merk komputer, drivernya diinstal manual saja.
Inti dari kloning harddisk adalah menyalin isi seluruh harddisk ke media lain, bisa ke harddisk lain, CD, DVD, atau harddisk eksternal. Dengan melakukan kloning, Anda akan mendapatkan isi CD-R sama persis dengan isi harddisk.
Kita butuh beberapa parangkat untuk melakukan kloning. Pertama adalah software untuk kloning. Salah satu yang bisa digunakan adalah Norton Ghost dari Symantec. Kita juga butuh CD-writer, CD start-up, dan 2 disket floppy 1, 44 MB.
Simpan ke CD
Karena kita akan melakukan kloning terhadap sistem operasi, drive yang berisi sistem operasi yang akan dikloning, biasanya drive C. Namun, bisa saja sistem operasi ada di drive lain, misalnya karena ada lebih dari satu sistem operasi dalam PC.
Kali ini, Gudang Informasi akan melakukan kloning terhadap drive C yang berisi sistem operasi Windows dengan ukuran partisi sebesar 400 MB.
Jalankan Norton Ghost
Anda akan menjumpai tampilan Ghost Basic. Pilih opsi pertama, yaitu Backup.
Klik Next.
Dalam opsi Source pilih pilih drive C. Dalam opsi Destination pilih Recordable CD or DVD Setelah itu, klik Next > OK.
Tekan tombol Next, teruskan klik Next sampai muncul Continue, klik Continue, lalu klik Run Now, dan terakhir klik OK.
Windows akan restart dan Norton Ghost pun melakukan back-up. Kini Anda memiliki 1 CD yang merupakan image dari drive C Anda. Isi dari CD tersebut hanyalah 1 file yang berekstensi GHO. Anda tidak dapat melihat isi dari file tersebut tanpa bantuan Ghost Explorer. Dengan bantuan Ghost explorer, Anda dapat melihat file yang ada di dalam file GHO tersebut.

TUTORIAL CARA MERAKIT SEBUAH PC DEKSTOP

Ara di atas dalam 1,1 Anda dapat melihat contoh dari desktop Windows XP. Ketika Anda pertama kali menyalakan komputer Anda dan Windows XP beban, maka akan terlihat mirip dengan yang ditunjukkan dalam contoh kita (meskipun Windows XP secara default memiliki gambar untuk latar belakang desktop).

Desktop mengacu pada area background utama (dalam contoh kita daerah putih). Anda dapat menyesuaikan desktop Anda dalam berbagai cara, termasuk menambahkan gambar latar belakang, mengubah warna latar belakang, dan mengubah ukuran ikon pada desktop.
SPR
© Copyright 2001-2011 helpwithpcs.com
SPR
Catatan: – Jika Anda telah menggunakan baik Windows 95/98 atau ME dan Anda ingin desktop taskbar, start menu akrab dan kemudian melihat panduan kami untuk Mengubah menu Start untuk tampilan klasik pada Windows XP ® dan Mengganti themes di Windows XP ®.
SPR
Dalam ara 1.1 kami telah menunjuk beberapa bidang minat, kita akan melihat di bawah ini.
SPR
Pengantar Ikon Desktop Windows

Ikon adalah gambar kecil yang dapat mewakili program komputer Anda, file, folder dan printer antara lain (lihat gambar 1.1).

Untuk mengaktifkan program / file / folder yang ikon mewakili Anda cukup klik ganda (dua klik secara berurutan) di atasnya dengan tombol kiri mouse. Ini akan mengaktifkan icon dan baik memulai sebuah program atau membuka file / folder.

Ikon pada desktop Anda dapat diganti dengan mengklik kanan pada mereka dan memilih nama. Mereka dapat dihapus dengan mengklik kanan dan memilih menghapus.

Ini mungkin untuk membuat ikon desktop Windows Anda sendiri untuk program, file, folder, dll Lihat panduan kami untuk membuat shortcut desktop di bagian tips dan trik.

Dalam contoh kita, kita memiliki dua ikon. Ikon prospek adalah untuk tujuan-satunya contoh, Anda mungkin memiliki ikon yang berbeda termasuk My Documents dan ikon recycle bin.

Recycle Bin
Bila Anda menghapus file, Windows XP akan menempatkan file ke recycle bin (bukan menghapus sama sekali), ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan file dalam kasus Anda dihapus dengan kesalahan.

Sebagai contoh, jika Anda menghapus file secara tidak sengaja Anda bisa klik ganda pada ikon recycle bin untuk melihat isinya. Di dalam Anda akan melihat file / folder yang Anda dihapus, untuk mengembalikan file tersebut kembali ke tempat Anda dihapus dari, klik kanan di atasnya dan kemudian pilih restore dari menu yang muncul.

Catatan: beberapa file mungkin terlalu besar untuk disimpan dalam recycle bin. Windows XP harus memperingatkan Anda jika Anda menghapus file yang tidak dapat dikembalikan.
SPR
kembali ke atas | © Copyright 2001-2011 helpwithpcs.com
SPR
Menjaga Windows Desktop rapi

Semakin Anda menggunakan Windows XP lebih desktop Anda dapat mulai untuk mengisi dengan ikon, baik karena Anda menginstal software lain atau Anda membuat ikon sendiri.

Windows XP secara otomatis dapat menyesuaikan dan mengurutkan ikon desktop Anda untuk menjaga desktop rapi.

Untuk mencapai ini, klik tombol mouse sebelah kanan di manapun pada desktop dan menu akan muncul (mirip dengan yang ditunjukkan pada gambar 1.2). Hover mouse pointer Atur Ikon Oleh dan submenu akan muncul, dari sini Anda dapat mengurutkan ikon desktop Anda dengan nama, ukuran, jenis dan tanggal diubah terakhir.

Memilih Otomatis Atur opsi akan secara otomatis menyesuaikan ikon desktop Anda setiap kali salah satu ditambahkan ke desktop.

Desktop Cleanup Wizard akan menghapus cara pintas desktop yang tidak pernah digunakan. Mereka bisa disimpan dalam sebuah folder baru di desktop Anda disebut Shortcut Desktop tidak digunakan.
SPR
© Copyright 2001-2011 helpwithpcs.com
SPR
Win XP tombol Start
Tombol start (lihat gambar 1.1) adalah bagian yang sangat penting dari Windows XP. Mengklik tombol start membuka apa yang disebut menu start, start menu digunakan untuk mengakses program Anda, pengaturan, printer dan banyak lagi. Kami akan mengambil melihat mendalam pada start menu dan fungsinya dalam bagian 2 dari Windows XP tutorial kami.
SPR
Win XP Taskbar
Taskbar (lihat gambar 1.1) adalah bagian penting lain dari sistem operasi Windows XP. Salah satu kegunaan utamanya adalah untuk beralih antara program yang terbuka atau dokumen, kita akan melihat lebih dekat pada Taskbar Windows XP dan fitur-fiturnya di bagian 3 dari Windows XP tutorial kami.
SPR
Win XP Jam
Jam duduk di taskbar (lihat gambar 1.1) dan menampilkan waktu sistem. Hovering pointer mouse di atas jam akan mengungkapkan tanggal, untuk belajar bagaimana untuk mengubah waktu dan tanggal melihat panduan kami untuk mengubah tanggal / waktu di Win XP
SPR
© Copyright 2001-2011 helpwithpcs.com
SPR

selanjutnya bagian dari program bagian Tutorial Windows XP 2
SPR
atas halaman Kembali ke atas kembali ke menu kursus Kembali ke menu program computer

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: